Oleh: chobish | Desember 15, 2008

Senayan: Perangkat Lunak Perpustakaan Modern


Senayan: Perangkat Lunak Perpustakaan Modern

Oleh

Heri Abi Burachman Hakim

Staf Perpustakaan FISIPOL UGM

Senayan adalah sebuah perangkat lunak otomasi berbasis web dan open source yang digunakan untuk merealisasikan otomasi perpustakaan. Dengan perangkat lunak otomasi maka kegiatan layanan perpustakaan yang konvensional berubah menjadi format layanan yang terotomoasi. Layanan terotomasi merupakan layanan berbasis teknologi informasi. Layanan terotomasi memungkinkan pengguna mengakses katalog perpustakaan tanpa harus membolak-balik kartu katalog, tetapi cukup dengan mengakses OPAC (On-line Public Acces Catalog) yang disediakan melalui komputer yang ada di perpustakaan. Untuk layanan sirkulasi yang meliputi peminjaman dan pengembalian koleksi perpustakaan dapat dilakukan secara cepat karena layanan tidak lagi dilakukan secara manual tetapi dengan menggunakan komputer dan barcode reader. Proses peminjaman atau pengembalian dilakukan layaknya transaksi pembayaran di toko swalayan yang dapat dilakukan dengan cepat.

Selama ini perangkat lunak otomasi perpustakaan dapat diperoleh dengan dua cara, yaitu dengan cara membeli atau menggunakan perangkat lunak yang dapat diperoleh secara gratis. Untuk pengadaan perangkat lunak yang dilakukan dengan cara membeli diperlukan dana yang besar dan tidak semua perpustakaan mampu melakukannya. Jangankan untuk membeli perangkat lunak otomasi, untuk membeli buku banyak perpustakaan di Tanah Air sering mengalami kesulitan. Hal ini yang menyebabkan banyak perpustakaan di Tanah Air dan di Yogyakarta tidak mampu merealisasikan otomasi perpustakaan. Padahal jika pustakawan atau para pengerak perpustakaan mengetahui masih ada alternatif kedua untuk pengadaan perangkat lunak otomasi perpustakaan, yaitu dengan memanfaatkan perangkat lunak otomasi perpustakaan yang dapat diperoleh secara gratis.

Dengan memanfaatkan perangkat lunak otomasi yang dapat diperoleh secara gratis, perpustakaan akan mampu merealisasikan otomasi perpustakaan. Performa atau kinerja dari perangkat lunak yang dapat diperoleh secara gratis ternyata tidak kalah dengan performa atau kinerja perangkat lunak komersil.

Salah satu perangkat lunak otomasi yang dapat digunakan oleh perpustakaan adalah Senayan. Perangkat lunak otomasi ini baru saja diperkenalkan kepada masyarakat Yogyakarta pada tanggal 8 Desember 2007 kemarin ,di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri. Perangkat lunak otomasi yang dibangun Oleh Arie Nugraha, Hendro Wicaksono dan Wardiyono (Staf Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional) termasuk dalam kategori perangkat lunak berbasis web dan open source yang merupakan jenis perangkat lunak yang paling banyak digunakan saat ini. Dalam perangkat lunak ini disediakan fasilitas pengolahan koleksi perpustakaan, sirkulasi, manajemen anggota, laporan serta fasilitas untuk mengadakan kegiatan stock opname (validasi data koleksi perpustakaan). Fasilitas-fasilitas tersebut telah memenuhi kebutuhan perpustakan terkait dengan implementasi otomasi perpustakaan.

Keberadaan perangkat lunak otomasi Senayan menambah jumlah perangkat lunak yang dapat digunakan secara gratis oleh perpustakaan. Selama ini perangkat lunak yang dapat digunakan gratis dan familiar digunakan oleh perpustakaan di Indonesia adalah Otomigen, Athaneum, OpenBiblio, PhpMyLibrary dan X-igloo. Dengan semakin banyaknya perangkat lunak otomasi yang dapat digunakan secara gratis, perpustakaan semakin banyak alternatif untuk memilih perangkat lunak mana yang akan digunakan. Semoga kehadiran perangkat lunak ini dapat dioptimalkan dan keradaannya dapat meningkatkan kualitas perpustakaan, baik itu perpustakaan umum, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan khusus, perpustakaan pribadi atau perpustakaan-perpustakaan alternatif di yang ada Yogyakarta. Semoga!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: