Oleh: chobish | Maret 28, 2011

Strategi Penulusuran Informasi Digital dalam Mendukung Sukses Belajar


Strategi Penulusuran Informasi Digital dalam Mendukung Sukses Belajar

Oleh

Heri Abi Burachman Hakim

Staf Perpustakaan ISI Yogyakarta

Pendahuluan

Perkembangan teknologi memberikan dampat terhadap setiap sendi pendidikan. Semuanya perlu menyesuaikan diri guna mempertahankan eksistensinya. Tidak terkecuali dunia pendidikan ditentut berubah sejalah dengan perkembangan teknologi yang terjadi, terutama perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memaksa berbenah untuk mempertahankan eksistensinya di era kompetitif ini.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa paradigma baru dalam dunia pendidikan. Kemudian muncul paradigma mengenai e-learning yang memungkian proses belajar-mengajar tanpa harus bertatap muka langsung. Dengan perantar jaringan komputer dan internet pendidik dan peserta didik tidak diharuskan untuk bertatap muka dalam melakukan aktivitas belajar mengajar. Selain intu referensi kegiatan belajar mengajar tidak hanya tersedia dalam format buku terjetak tetapi juga disajikan dalam format informasi digital.

Terkait dengan persoalan referensi yang tidak hanya disedikan dalam format tercetak tetapi juga dalam format digital maka pendidik maupun peserta didik marus merespon fenomena ini. Pendidik harus belajar bagaimana memanfaatkan teknologi yang akan untuk mengkonversi bahan ajarnya kedalam format digital, sedangkan mahasiswa harus belajar bagaimana memperoleh serta memanfaatkan informasi digital sehingga mampu menunjang keberhasilan studinya.

Sebenarnya seperti apakah informasi digital serta bagaimana informasi digital tersebut berdampak terhadap proses belajar mengajar akan coba diilustrasikan dalam tulisan ini. Diharapkan tulisan ini dapat memberikan masukan kepada para pendidik maupun peserta didik untuk memanfaatkan informasi digital sehingga mampu mendukung keberhasilan proses belajar.

Pembahasan

Definisi Informasi Digital

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terjadi dikhususkan dengan perkembangan teknologi internet, menyebabkan segala sesuatu mulai dikemas dalam format elektronik atau digital. Informasi dan buku sebagai bagian penting dalam aktivitas keilmuan juga tidak dapat menghindar dari perkembangan yang terjadi. Informasi dan buku juga dikemas dalam format elektronik atau digital. Format penyajian baru ini yang menyebabkan muncul istilah seperti e-Book.

Informasi digital sendiri belum memiliki difinisi yang jelas. Dari berbagai literature tentang system informasi atau buku-buku dibidang komputer  penulis belum menemukan definisi dari informasi digital. Tapi jika mengamati format penyajiannya maka informasi digital dapat di definisikan sebagai informasi yang disajikan dalam format elektronik atau digital, dimana untuk mengakses informasi tersebut diperlukan piranti pendukung seperti komputer atau piranti lainnya.

Informasi digital dapat disajikan melalui website, e-Book atau dalam format media penyimpan digital seperti CD, atau DVD. Dan dari hari ke hari masyarakat kita semakin familiar dengan barang-barang tersebut. Dengan semakin terjangkaunya produk teknologi informasi memungkinkan masyarakat semakin mudah mengakses informasi digital.

Keberadaan informasi digital saat ini sangat membantu dalam menunjang aktivitas akademik serta mampu mendukung prestasi akademik seseorang. Untuk memperoleh referensi guna menunjang aktivitas akademik banyak dari pelajar, mahasiswa atau tenaga mendidik memanfaatkan informasi digital yang dipublikasikan melalui internet. Perkembangan internet semakin mempermudah distribusi informasi sehingga informasi tersebut dapat lebih berdaya guna. Dan kondisi ini tentu akan memotivasi perkembangan ilmu pengetahuan.

Dengan perkembangan internet yang terjadi serta menjamurnya informasi dalam format digital seharusnya kita dapat memanfaatkan peluang ini untuk dapat lebih berprestasi sesuai dengan bidang masing-masing. Semoga dinamika ini dapat kita manfaatkan sebagai peluang untuk lebih berprestasi dan bukan menjadi penghambat dalam menjalani rutinitas harian.

Jenis-jenis informasi digital.

Informasi digital dapat disajikan melalui berbagai media. Media tersebut dapat berupa web site, atau media penyimpan seperti CD dan DVD.  Informasi digital yang disajikan dalam berbagai media tersebut memiliki format-format tertentu, format informasi digital antara lain adalah:

1. Plain Text

Plain Text merupakan format yang paling universal untuk dokumen di dunia komputer. Format Plain Text sudah dikenal sejak tiga puluh tahun yang lalu. Sangat sederhana, tidak ada model huruf  tebal, miring, kapital, kecil, dsb. Dan tidak mempunyai fasilitas enkripsi.

2. HTML (Hypertext Mark-up Language).

HTML Merupakan bahasa scripting yang digunakan untuk menulis halaman website (Nugroho ; 2004). Untuk membaca bahasa html dibutuhkan aplikasi web browser. Web Browser yang digunakan untuk membaca bahasa html antara lain internet explorer, mozilla, firefox. Menyajikan informasi digital dengan menggunakan HTML cukup mudah, cukup dengan menggunakan frontpage yang merupakan salah satu program  dalam paket ms office, dreamweaver, atau notepad maka kita dapat menyajikan informasi yang kita miliki dalam format digital.

3. DOC dan RTF (Rich Text Format)

Format DOC merupakan standar pengolahan kata yang digunakan di seluruh dunia. Begitu juga dengan RTF, bisa dibuka di mana pun, baik oleh aplikasi berbasis Microsoft atau Opensource seperti linux. Mereka yang sering menggunakan komputer tentu familiar dengan standar ini.

4. PDF (Portable File Document)

Format .pdf termasuk yang paling aman dan paling banyak digunakan untuk distribusi dokumen atau informas digital. Dikeluarkan oleh Adobe System yang merupakan perusahaan terunggul dalam desktop publishing. Aplikasi Adobe Acrobat Reader harus tersedia untuk membaca format pdf. Sendangkan untuk membuat file .pdf djgunakan adobe acrobat. Proses pembuatan file dalam format .pdf sendir sangat mudah.

Keunggulan dari file dalam format .pdf adalah tersedia fasilitas keamanan terhadap aksi-aksi yang akan dilakukan terhadap dokumen, seperti meng-copy, cetak, edit dsb.  Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pdf anda dapat mencari informasi yang dibutuhkan  melalui website resminya dengan alamat http://www.adobe.com

5. Compiled HTML Help File (CHM)

Terkenal dengan sebutan format CHM. Banyak sekali buku-buku elektronik yang memakai format ini. Sebagai turunan HTML, format CHM mampu menyimpan banyak halaman beserta link-link-nya dalam satu file saja. CHM mampu mengatur halaman seperti layaknya sebuah buku. Mengatur penempatan setiap bab dan navigasi yang nyaman. Menyediakan juga fasilitas daftar isi, pencarian, dan favorit. Kita hanya dituntut menyediakan aplikasi Internet Explorer minimal  versi 4.0

6. Format lain

Selain format-format di atas, masih banyak tipe lain, seperti XML (Extensible Markup Language), SGML (Standard Generalized Markup Language), EXE (.exe), image atau gambar (jgp, gif), format LIT  dari Microsoft  dan Palm yang diperuntukkan bagi PocketPC dan Palm.

Strategi Penelusuran Informasi Digital

Salah satu media yang dapat digunakan untuk menelusur informasi yang diperlukan adalah internet. Internet menyediakan situs-situs pencari yang handal sehingga daoat menbantu kita menelusur dan memperoleh informasi yang dibutuhkan. Dengan memanfaatkna situs pencari seperti Google. Alta Vista, MSN dan Yahoo kita dapat memperoleh informasi dari segela penjuru dunia.

Akan tetapi menggunakan situs pencari seperti Google, Altas Vista MSN atau Yahoo bukan tanpa masalah karena semakin cangkih situs pencari maka akan muncul permasalahan mengenai keakuratan data serta munculnya banyak informasi yang tidak diperlukan disaat mencari informasi. Apabila kita tidak memiliki kemampuan untuk menelusur informasi, banyaknya informasi yang disajikan oleh berbagai situs pencari tersebut justru akan membuat kita bingung serta memakan waktu yang banyak untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Untuk itu diperlukan trik sehingga kita dapat menelusur informasi secara cepat dan tepat. Ada berberapa trik yang dapat digunakan dalam memanfaatkan seach engine sehingga memperoleh informasi sesuai denga kebutuhan kita dalam waktu yang relative singkat. Trik-trik yang dapat digunakan antara lain:

1. Batasi pencarian

Berbagai search engine yang disebutkan diatas akan melakukan pencarian sesuai dengan keyword (kata kunci) yang diketikkan pada kolom pencarian. Untuk membatasi pencarian, sebaiknya hindari pengetikan kata kunci yang terdiri dari satu kata kunci, karena hal ini akan membuat link sebanyak-banyaknya. Sebagai contoh anda mencari artikel tentang komunikasi massa, maka jangan janya mengetikkan komunikasi saja tetapi ketikkan komunikasi massa.

2. Meyiapkan Tanda

Search engine memungkinkan sesorang  menemukan semua link situs  yang berkaitan dengan setiap kata kunci yang diketikkan. Caranya dengan mengetikkan tanda “+” disetiap awal kata. Misalnya ketikkan +journalisme+investigasi maka search engine akan mencari semua link situs, termasuk artikel-artikel yang mengandung kata journalisme dan investigasi

3. Berdampingan

Cara ini dapat digunakan untuk mencari informasi secara spesifik. Dengan mengetikkan tanda petik (“) diawal dan akhir kata journalisme investigasi (“journalisme invesitgasi”) maka search engine akan mencari artikel di situs yang mengandung dua suku kata tersebut secara bergandengan.

4. Blokir kata

Search engine juga menyediakan fasilitas penolakan suku karta tertentu. caranya dengan menambahkan tanda “-“ disetiap suku kata. Misalnya demokrasi-terpimpin maka search engine hanya akan mencari informasi dan link situs yang mengandung kata demokrasi.

5. Singkat dan padat

Search engine berbahasa asing biasanya mengabaikan kata depan atau kata-kata umum lainnya seperti the, when, who, which atau while. Untuk itu agar lebih praktis maka langsung saja diketik kata kunci dari informasi yang ingin dicari.

6. Memilih salah Satu

Dalam pencarian informasi dengan menggunakan search engine kita dapat menggunakan aljabar Boolean yang sering dipakai untuk operasi logika matematika atau computer, seperti OR, AND dan NOT. Dengan menggunakan menggunakan aljabar boolena ini maka proses pencarian akan lebih praktis. Penggunaan OR akan membuat search engine akan memilih salah satu kata yang dijadikan sebagai patokan. Misalnya kata kunci yang diketik adalah demokrasi OR terpimpin maka seach engine hanya akan menampilkan link situs yang berkaitan dengan kata demokrasi dan terpimpin.

7. Tampilkan seluruhnya

Search engine memungkinkan kita menampilkan seluruh link situ dengan menggunakan logika AND. Misalnya anda mengetik psikologi AND anak maka search engine akan menampilkan seluruh situs yang berkaitan dengan kata psikologi dan anak. Hasil penelusuran dengan menggunakan logika AND hampir sama dengan hasil yang ditampilan oleh logika OR.

8. Membatasi

Logika NOT dapat digunakan untuk memblokir kata yang tidak diinginkan. Misalnya, ketikkan otonomi NOT daerah maka seach engine hanya akan menampilkan situs yang berisi informasi tentang otonomi saja.

9.Memanfaatkan Kategori

Beberapa situs pencari mempermudah pencarian berdasarkan kategori tertentu. misalnya jika anda hanya memilih gambar maka pilihnya menu gambar dan setelah itu baru ketikkan kata kunci untuk mencari gambar yang dibutuhkan.

Fenomena Perpustakaan Digital

Dunia pendidikan tidak dapat dilepaskan dari eksistensi perpustakaan. Perpustakaan dianalogikan sebagai jantung dari pendidikan sedang pendidikan itu sendiri sebagai tubunya. Melihat analogi tersebut dapat dibayangkan fungsi strategis dari perpustakaan. Apalagi di level pendidikan tinggi eksistensi perpustakaan sangat diperlukan dalam mendukung keberhasilan proses belajar mandiri yang dilakukan mahasiswa.

Saat ini perpustakaan mengalami perubahan. Perubahan ini sejalan dengan semakin maraknya publikasi informasi dalam format digital yang memaksa perpustakaan mau tidak mau harus merespon fenomena ini. Respon ini perlu diberikan perpustakaan karena produk layanan perpustakaan adalah informasi. Untuk itu perpustakaan harus beradaptasi dengan dinamika informasi serta teknologi yang berperan dalam distribusinya agar tidak ditinggalkan oleh masyarakat.

Respon dari perpustakaan ini terlihat dengan munculnya istilah perpustakaan. Bahkan di Indonesia sendiri perpustakaan mulai berlomba-lomba untuk meraih predikat sebagai perpustakaan digital atau perpustakaan yang mampu memberikan layanan koleksi digital. Bahkan keseriusan perpustakaan di Indonesia untuk meraih predikan perpustakaan digital ditandai dengan berdirinya Indonesia Digital Library Network.

Menurut Romi Satria Wahono  perpustakaan digital adalah suatu perpustakaan yang menyimpan data baik itu buku (tulisan), gambar, suara dalam bentuk file elektronik dan mendistribusikannya dengan menggunakan protokol elektronik melalui jaringan komputer. Dari definisi ini dapat diketahui bahwa format perpustakaan digital memungkinkan mengakses koleksi perpustakaan tanpa harus datang langsung ke perpustakaan dan layanan perpustakaan sendiri dimungkinkan diakses selama 24 jam.

Kondisi ini tentu semakin memanjakan pengguna perpustakaan, ditambah  dengan perangkat mobile techology seperti telepon seluler, PDA dan Laktop seolah-olah perpustakaan berada digenggaman penggunanya. Saat ini dengan menggunakan komputer yang tersambung dengan jaringan internet maka sivitas akademik dilingkungan UGM dapat dengan mudah mengakses ribuan jurnal elektronik yang dilangkan oleh perpustakaan UGM. Dengan mengetik www.lib.ugm.ac.id pada alamat URL pengguna perpustakaan dapat memanfaatkan puluhan ribu artikel dari ribuan jurnal yang menjadi bagian dari koleki perpustakaan UGM. Untuk memanfaatkan koleksi digital ini pengguna perpustakaan sendiri tidak harus menggunakan komputer yang ada diruangannya, dengan tersedianya area hot spot hampir disetiap fakultas dan dilokasi-lokasi tertentu dengan menggunakan laktop atau PDA pengguna perpustakaan dapat dengan mudah mengakses layanan koleksi digital yang disediakan perpustakaan ini.

Dinamika perpustakaan ini sudah seharusnya dimanfaatkan oleh selurh civitas akademik dilingkungan univeristas. Layanan yang diberikan perpustakaan harus dioptimalkan untuk mendukung keberhasilan proses belajar mengajar dan riset yang dilakukan oleh seluruh sivitas akademik. Semoga dana yang telah dikeluarkan perpustakaan tidak terbuang sia-sia karena koleksi digital yang dimiliki tidak dioptimalkan oleh civitas akedemik.

Penutup

Kemajuan teknologi yang terjadi semakin memberikan kemudahan yang juga berarti peluang untuk dioptimalkan mencapai prestasi setinggi mungkin sesuai dengan pforesinya. Dan sebagai mahasiswa maka kemajuan teknologi yang terjadi harus dapat dimanfaatkan untuk mendukung keberhasilan studi.

Publikasi informasi dalam format digital menyebabkan sumber belajar tidak hanya berasal dari buku atau materi tercetak lainya. Selain itu perpustakaan sebagai penyedia sarana sumber belajar saat ini layanannya dimungkinkan diakses selama 24 jam dengan adanya layanan perpustakaan digital.  Dengan demikian maka aktivitas belajar mahasiswa semakin mudah dilakukan.

Saat ini ketika proses belajar mengajar semakin mudah dilakukan dengan bantuan teknologi, semuanya berpulang kepada anda. Apakah anda siap untuk memanfaatkan perkembangan teknologi yang terjadi guna mencapai prestasi akademik, atau hanya menjadi penonton dari perkembangan yang terjad? Semua pilihan ada ditangan anda dan semoga anda dapat melakukan pilihan sejara bijak. Semoga!

Daftar Pustaka

Buxbaum, Shari (Ed.). 2004. Library Service: Perpustakaan Virtual untuk Kuliah Bisnis Sistem Jarak Jauh, Tren yang Berkembang Saat ini. Jakarta: Muari Kencana.

Nugroho, Bunafit. 2004. Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL: Studi Kasus, Membuat Sistem Informasi Pengolahan Data Buku.Yogyakarta: Gava Media.

Pujiyono, Wahyu; Umar, Rusdi dan Sari, Kustanti Arum. 2005. “Sistem Pesanan Pelayan Tiket Via SMS”. Seminar Peran Perguruan Tinggi di Era Mobile Technology, 27 Agustus Dilaksanakan oleh Universita Ahmad Dahlan, Yogykarta. Hal. 39-44

Sopandi, Dede. 2004. Instalasi dan Konfigurasi Jaringan Komputer. Bandung: Informatika.


Responses

  1. ikut baca-baca tulisannya mas.. lumayan buat nambah wawasan..🙂

    • iya kau juga beberapa kali baca tulisannya alam kok, sekarang gantian ya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: