Oleh: chobish | Desember 2, 2013

Manajemen Arsip Digital dengan OpenDocMan


Manajemen Arsip Digital dengan OpenDocMan

Oleh

Heri Abi Burachman Hakim

Pustakawan Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Di awal, masyarakat hanya mengenal dokumen tercetak sebagai media menyimpan informasi. dokumen tercetak inilah yang selanjutnya disebut dengan istilah arsip.  Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi arsip tidak hanya tersimpan dalam format tercetak tetapi juga format digital.

Saat ini dengan mudah seseorang dapat mengahasilkan arsip dalam format digital. ketika ada menyusun laporan dan mengetiknya dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office maka, file yang anda hasilkan adalah arsip dalam format digital. Dengan kata lain arsip tersebut merupakan arsip yang terlahir dalam format digital atau born digital.

Lalu pertanyaan adalah, bagaimana mengelola arsip dalam format digital tersebut? apakah pengelolaan sama dengan pengelolaan arsip dalam format tercetak? Ataukah konsep pengelolaannya berbeda?

Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan aplikasi OpenDocman. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk manajemen dokumen digital. OpenDocMan dikembangkan berdasarkan ISO 17025/IEC yaitu standar ISO untuk manajemen dokumen. Dengan aplikasi ini pengelolaan arsip digital akan dilakukan secara terpusat.

OpenDocMan merupakan aplikasi berbasis open source. Sebagai aplikasi open source memungkinkan OpenDocMan diunduh, digunakan dan didistribusikan ulang secara gratis. Aplikasi ini dibangun menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan menggunakan MySQL sebagai aplikasi database.  OpenDocMan dapat menggunakan IIS atau Apache sebagai web server.

Sebagai aplikasi manajemen dokumen, OpenDocMan memiliki berbagai fasilitas. Fasilitas yang dimiliki OpenDocMan antara lain, proses instalasi otomatis, fasilitas unggah file, fasilitas review dokumen, fasilitas pembuatan kategori jenis arsip, fasilitas pembuatan ruas tambahan serta fasilitas pencarian koleksi. Untuk menggunakan aplikasi ini anda dapat mengunduhnya di http://www.opendocman.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: