Oleh: chobish | Desember 7, 2013

SLiMS Commet 2013: Dari Komunitas Lokal Menu Komunitas Global


SLiMS Commet 2013: Dari Komunitas Lokal Menu Komunitas Global

Oleh

Heri Abi Burachman Hakim

Pustakawan Institut Seni Indonesia Yogyakarta

 

Tanggal 7 dan 8 Desember 2013 ini, bertempat di Gedung Balai Korem 061/ Surya Kencana Bogor, pengguna aplikasi SliMS (Senayan Library Managent System atau aplikasi untuk membangun otomasi perpustakaan) di Indonesia atau yang lebih dikenal komunitas SliMS memiliki hajat besar yaitu SliMS Community Meeup atau yang dikenal dengan sebutan SLIMS Commet. SLIMS Commet  merupakan sarana bagi pengguna SLIMS untuk berkumpul dan berdiskusi terkait isu-isu terbaru bidang perpustakaan, rencana pengembangan SLIMS serta bercerita tentang implementasi SLIMS di daerah masing-masing.

SLIMS Commet dilaksanakan sekali dalam setahun dan dilaksanakan ditempat yang berbeda dari tahun ke tahun. SLIMS Commet  2013 yang dilaksanakan di Bogor ini merupakan SLIMS Commet yang ke dua. SliMS Comment yang pertama dilaksanakan tahun lalu di Yogyakarta.

SLIMS Commet 2013, terdiri dari beberapa kegiatan yaitu seminar, lokakarya dan community meeting. Seminar dan lokakarya akan dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2013. Sedangkan communty meeting akan dilaksanakan keesokkan harinya tanggal 8 Desember 2013. Seminar nasional akan menghadirkan tiga dan satu pembicara kunci. Ketiga pembicara tersebut  yaitu Senayan Developer Community yang akan menyampaikan topik “SLIMS Cendana: Cetar Membahana”, Ono W. Purbo dengan materi “SLIMS dan Distro Linux”, Dr. Bima Arya yang akan mempresentasikan topik “ IT, Perpustakaan berbasis SLIMS dan Pendidikan” serta pembicara kunci Rusmanto dari majalah info linux yang menyampaikan topik “SLIMS dimata Pegiat Open Souce”. Kegiatan lokarkarya akan dipandu langsung oleh Senayan Developer Communty dengan tema “Tutorial Pemanfaatan SLIMS Cendana untuk Pemula, Tingkat Lanjut dan Mahir”. Sedangkan kegiatan community meeting akan diisi dengan sesi sharing antar komunitas, pembentukan Forum Komunitas Pengurus SLIMS Indonesia serta Penentuan Tuan Rumah Commet 2014.

Pada tahun pertama pelaksanaannya SLIMS Commet hanya dihadiri oleh pengguna SLIMS yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Namun pada SLIMS Commet  2013 ini juga dihadri pengguna SliMS dari negeri gajah putih Thailand. Hal ini menunjukkan bahwa SLiMS sebagai perangkat lunak otomasi perpustakaan semakin diakui masyarakat perpustakaan internasional. SLIMS Commet  yang awalnya hanya diikuti oleh komunitas lokal sekarang diikuti oleh anggota komunitas yang berasal dari luar negeri.  Dengan demikian komunitas SLIMS yang awalnya merupakan komunitas lokal terus berkembang menjadi komunitas global.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: